Dapatkan Update Postingan terbaru melalui email klik di sini Support Creator [Klik]
المشاركات

Mengenal Divisi-divisi Human Resource

Hardipa Asyifa
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Human Resource Development memiliki tugas dan Tanggung jawab yang sangat banyak, sehingga tidak bisa dikerjakan semuanya dengan satu orang. Maka dari itu Departemen HR di perusahaan besar memiliki divisi-divisi lain di dalam departemen HR.

1. HR Recruitment
HR Recruitment atau yang sering disebut Talent Acquisition memegang peran penting dalam penentuan kebutuhan staff dan pencarian kandidat yang berkualitas.

Job Description seorang HR Recruitment, yaitu :
  • Menerima permintaan SDM dari Departemen/Divisi lain;
  • Mengidentifikasi kebutuhan SDM dan membuat kualifikasi;
  • Menyusun job description dan mempublikasikan lowongan pekerjaan;
  • Mencari Talent/Kandidat;
  • Melakukan Screening resume/CV;
  • Mempersiapkan & Melakukan Interview serta bekerja sama dengan user;
  • Memberikan dan negosiasi tawaran pekerjaan;
  • Menjaga hubungan di masa offering dan on boarding.
2. HR Training & Development 
HR Training & Development menangani pelatihan dan pengembangan para karyawan. Tujuannya agar mereka mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Job Description HR Training & Development:
  • Melakukan Training Needs Analysis (TNA);
  • Mengatur prosedur pelatihan;
  • Mengelola pelatihan;
  • Mengatur proses orientasi dan adaptasi karyawan baru;
  • Membantu karyawan dalam mengembangkan diri;
  • Membantu mengidentifikasi Karyawan potensial untuk di promosikan ke jenjang lebih tinggi;
  • Memindahkan karyawan ke divisi lain berdasarkan kemampuannya.
3. HR Payroll
HR Payroll atau HR Compensation and Benefits melakukan tugas yang berhubungan dengan kompensasi dan manfaat yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas hasil kerjanya. 

Job Description HR Payroll:
  • Menguasai peraturan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan;
  • Memahami regulasi tentang sistem penggajian;
  • Mengoperasikan tools/software penggajian;
  • Melakukan perhitungan payroll secara akurat meliputi gaji, tunjangan, asuransi, bonus, hingga Persiapan pensiun;
  • Mengurus proses job promotions untuk karyawan yang berprestasi;
  • Menginventarisasi aset perusahaan.
4. HR Industrial/Employee Relations
HR Industiral Relations bertugas menjadi jembatan antara perusahaan dan para karyawan untuk membantu mencapai kinerja lebih baik lagi. 

Job Description Industrial Relations:
  • Memelihara lingkungan kerja yang positif dan kondusif;
  • Employee Relations Specialist harus berpengetahuan mengenai undnag-undang yang mengatur karyawan;
  • Mengambil langkah yang tepat untuk memecahkan suatu konflik; 
  • Memahami manajemen ketenagakerjaan; 
  • Merevisi kebijakan dan prosedur ketenagakerjaan.
5. HR Business Partner 
HRBP lagu terbagus kepada pengembangan skill karyawan yang dibutuhkan sehingga dapat membantu memajukan bisnis dan reputasi perusahaan. 

Job Description HRBP:
  • Membuat rencana strategis untuk pengelolaan SDM. 
  • Memfasilitasi karyawan untuk pendorong efektivitas dan produktivitas kerja melalui pengembangan diri. 
  • Kolaborasi dengan manajer eksekutif mengenal perencanaan proses rekrutmen, dan pengelolaan SDM. 
  • Menciptakan strategi untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan sehingga meningkatkan reputasi perusahaan. 
6. HR Administrator
HR Administrator bertanggung jawab karena dokumen terkait human resort serta menjadi kontak utama bagi setiap pihak yang bersangkutan. 

Job Description HR Administrator:
  • Mengorganisasikan dokumen penting karyawan;
  • Membantu pengurusan penggajian, suatu narkoma dan lembur bagi karyawan;
  • Membuat dan mempresentasikan laporan matrik HR, seperti turn over rate secara rutin;
  • Menjadikan orang pertama yang dihubungi oleh pihak luar untuk kerjasama;
  • Menjawab pertanyaan karyawan tentang individu atau hal-hal yang berkaitan dengan HR.
Masih banyak lagi divisi-divisi di dalam departemen HR, akan tetapi garis besarnya adalah 6 poin diatas. Sekarang, jadi tau. Bahwa HR memiliki banyak divisi dan tugas nya sendiri-sendiri.

Tapi, kenapa ada perusahaan yang dimana departemen HR hanya berisi 3 orang saja?
Biasanya mereka ada perusahaan kecil, dan membagi 3 Divisi, atau bahkan mereka hanya mengandalkan seorang HR Generalist yang dimana mengurus semuanya dengan 1 tim.

إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.